Menurut versi kakek buyut saya yang kebetulan seorang tetua kampung, istilah Bahunda memang menjadi tradisi unik dalam budaya tutur masyarakat Banjar sejak masuknya sepeda motor merek Honda di Kalimantan (Selatan) dan pembiasaan penyebutan ini berlangsung secara turun-temurun sampai sekarang.
Morfologi Istilah kata bahunda, pada dasarnya merupakan kata serapan dari kata Honda yang mendapat imbuhan suku kata ba. Jadi bentuk asli kata serapannya adalah Bahonda. Tapi, karena dalam dialek bahasa Banjar, huruf o akan dilafalkan/dibaca menjadi u, maka dalam perjalanan eksistensinya berdasar tata bahasa Banjar, kata Bahonda akan ditulis sekaligus dilafalkan menjadi Bahunda.
Disini uniknya! Meskipun dalam perkembangannya, pasar sepeda motor di lingkungan masyarakat Banjar terus tumbuh dan berkembang dari waktu-kewaktu yang ditandai dengan kehadiran beberapa merk dan jenis sepeda motor baru di pasaran, tetap tidak menggoyahakan eksistensi tradisi Bahunda di masyarakat Banjar.
Peta Kalimantan Selatan | bpk.go.id |
Istilah tradisi Bahunda sampai sekarang masih eksis di lingkungan masyarakat Banjar, terutama di daerah Banjar Pahuluan atau Banjar Hulu (sebagian menyebut sebagai Banjar Asli) yang menjadi daerah induk dari cikal bakal kelahiran bahasa, sastra dan kesenian Banjar .
Berbeda dengan daerah Banjar Pahuluan, untuk daerah Banjar Pesisir atau Banjar Hilir, sebutan untuk wilayah Kalimantan Selatan yang dilalui aliran sungai, seperti Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin, istilah tradisi Bahunda memang masih eksis, hanya saja sebaran pelestarinya relatif terbatas pada sebagian besar kaum tua yang usianya diatas 40 tahunan dan sebagian saja saja anak muda yang masih menggunakannya sehari-hari.
Hal serupa juga berlaku di wilayah bagian paling timur dan selatan Kalimantan Selatan yang merupakan daerah pesisir laut, yang meliputi Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kota Baru. Kebetulan ketiga daerah ini memang mempunyai sistem dan pola budaya yang berbeda dengan daerah Banjar Pahuluan maupun dengan Banjar Hilir.
Simbiosis Mutualisma dalam Tradisi Bahunda
Eksistensi tradisi Bahunda pada masyarakat Banjar bisa tetap terjaga sampai sekarang, tentu tidak terlepas dari soliditas 2 (dua) faktor penyangganya dalam menjaga tradisi hebat masing-masing dalam upayanya menjalin komunikasi dengan perubahan jaman yang terus berkembang dengan pesat, yaitu
Dari diskripsi 2 (dua) penyangga lestarinya tradisi Bahunda diatas, terlihat bagaimana sinergi keduanya dalam menciptakan sebuah komunikasi efektif yang tidak hanya bersifat insidental untuk kepentingan sesaat saja. Tapi sebuah komunikasi berkelanjutan yang memberikan benefit berimbang alias sama-sama menguntungkan yang sering kita sebut sebagai simbiosis mutualisma.
Tradisi Honda sebagai produsen sepeda motor yang secara kontinyu selalu menerapkan inovasi teknologi terbaru disetiap produk baru yang diluncurkan dan selalu menjadi trendsetter dijamannya dan dikelasnya, telah dikenal luas oleh masyarakat Banjar dan dunia tentunya.
Diantara berbagai keunggulan yang dimiliki produk Honda, “irit bahan bakar” merupakan icon yang paling merasuk dalam pikiran dan alam bawah sadar masyarakat konsumen Indonesia dan masyarakat Banjar khususnya. Jadi kalau disebut kata Honda, 100% konsumen larinya pasti kepada tagline “irit bahan bakar”.
Sesuai dengan skala prioritas umum masyarakat Indonesia yang terlanjur mengidentikkan produk Honda dengan “irit bahan bakar”, maka ulasan pertama kita untuk membuktikan bahwa Vario 150 sempurna benar-benar menjaga tradisi hebat Honda adalah mengulas tentang teknologi canggih yang diaplikasikan pada Vario 150 eSP, terutama yang berkaitan dengan asupan bahan bakar!
Skema PGM-FI (Grafis : welovehonda.com) |
Penerapan teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI) yang akan mengatur pasokan bahan bakar dan udara secara optimal secara elektronis dan Enhanced Smart Power (ESP) yang akan memaksimalkan pembakaran secara efisien dan mengurangi gesekan untuk meminimalisir energi yang terbuang percuma, menjadikan Vario 150 eSP tetap irit dan memiliki kadar emisi gas buang yang rendah tanpa mengurangi performa.
Teknologi Idling Stop System | Grafis : welovehonda.com |
Sedangkan
fitur canggih Idling Stop System (ISS), akan mengatur kinerja mesin.
Mesin akan mati secara otomatis jika berhenti selama 3 detik dan hanya
dengan menarik tuas gas, maka secara otomatis mesin akan menyala
sendiri. Artinya, fitur ISS bisa membantu efisiensi penggunaan bahan
bakar sesuai kebutuhan.
Dari uji yang independent yang dilakukan
detik oto, dengan bahan bakar 1 liter rata-rata Vario 150 eSP mampu
mencapai jarak hingga 51,4 km . Dengan kapasitas tangki bahan bakar
sebesar 5.5 liter. Jika diisi penuh, maka jarak tempuh yang bisa dicapai
adalah mencapai 282,7 km.
Kalau di Kalimantan, sama dengan menempuh
perjalanan dari Banjarmasin – Ampah (Kalimantan Tengah) yang biasa
ditempuh selama 9-10 jam perjalanan darat dengan angkutan umum. Wooooow
irit banget! Hebatnya lagi, teknologi eSP pada Vario 150 eSP
menghasilkan emisi gas buang lebih rendah sesuai standar emisi Euro 3,
sehingga lebih ramah lingkungan.
Alam Kalimantan, khususnya
wilayah Kalimantan Selatan dikenal mempunyai medan yang relatif berat.
Lestarinya tradisi Bahunda dan sejarah komunikasi Honda dengan
masyarakat Banjar yang awet berpuluh-puluh tahun lamanya, secara
tersirat sudah menjelaskan bagaimana ketangguhan performa produk-produk
Honda menapaki jalur darat Kalimantan yang terkenal buas! Berikut ulasan
kedua kita tentang performa Vario 150 Esp!
Dimensi 1.921 x 683 x
1.096 mm dengan berat kosong 109 kg menjadikannya relatif lebih lincah
dan gesit, coba bandingkan dengan dimensi Honda PCX 150 yang lebih
bongsor walaupun mempunyai mesin yang relatif sama.
Bodi
ergonomis Vario 150 eSP yang ditunjang dengan desain jok tempat duduk
yang nyaman dan empuk akan memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra
bagi pengendara, terutama untuk keperluan touringjarak jauh. Jarak
terendah dengan tanah setinggi 135 mm relatif aman untuk medan
bergelombang, genangan air, tanah berpasir apalagi di medan tanjakan.
Ini sangat cocok dengan medan ekstrim Kalimantan!
Skema CBS (Grafis : welovehonda.com) |
Mesin
berteknologi canggih Vario 150 eSP sangat responsif, mampu menghasilkan
torsi 5.000 rpm dengan daya maksimum mencapai 8.500 rpm. Sedangkan
kombinasi mesin 4 tak, SOHC dengan pendingin cairan dan transmisi
V-Matic memiliki kompresi pembakaran 10 : 6 : 1 akan menghasilkan tenaga
yang relatif besar (maksimal 9,3 kW/12,46 HP), hingga mampu digeber
sampai 102 km/jam dalam tempo hanya 11.9 detik di jalanan langsam. Untuk
menunjang keamanan pengendara, teknologi pengereman Combi Brake System
(CBS) yang akan mengatur keseimbangan deselerasi roda yang menggunakan
ban jenis tubles dengan ukuran depan 80/90 dan belakang 90/90 secara
optimal juga dipasang untuk mengimbangi kelincahan dan tenaga besar yang
dihasilkan oleh dapur pacu canggih Vario 150 eSP.
Dalam tradisi
Bahunda, elemen penting yang biasa dipertimbangkan masyarakat Banjar
adalah tentang kelengkapan fitur. Berikut ulasan ketiga tentang fitur
canggih dan fungsional Vario 150 eSP yang sangat menarik!
Skema Answer Back System | welovehonda.com |
Seperti
layaknya pada mobil, Vario 150 Sempurna dilengkapi dengan Answer Back
System, yaitu fitur aplikasi teknologi cerdas panggil jarak jauh dengan
menggunakan remote control. Sepeda motor secara otomatis akan merespon
dengan suara dan lampu yang menyala hanya dengan memencet alarm remote
yang tersedia pada kunci Vario 150 eSP. Teknologi mutakhir ini sangat
bermanfaat untuk kontrol jarak jauh keberadaan sepeda motor kita, jadi
lebih mudah mengetahui lokasi parkir sepeda motor yang kadang sering
dipindah-pindah tukang parkir, bahkan bisa juga untuk ngecek jarak jauh
sepeda motor kita masih ada atau tidak di area parkir.
Magnetic Key Shutter | welovehonda.com |
Untuk
tambahan pengaman, Vario 150 eSP dilengkapi fitur Magnetik Key Shutter
atau sistem penguncian bermagnet yang bisa meminimalisir pencurian
sepeda motor. Sedangkan fitur tambahan yang memberikan banyak manfaat
adalah adanya bagasi multifungsi berkapasitas 18 liter di bawah jok, ini
yang disukai masyarakat Banjar yang lebih dikenal sebagai pedagang,
karena bisa memuat barang lebih banyak.
Bagasi berkapasitas 18 liter | welovehonda.com |
Meskipun
dilengkapi dengan beragam fitur canggih dan fungsional, Vario 150
Sempurna sangat friendly alias mudah dioperasikan dan relatif awet dan
tahan lama, karena semua part yang terpasang merupakan produk
berkualitas dari Honda Genuine Parts dan hebatnya lagi, untuk memberikan
kemudahan perawatan berkala, sekarang Honda didukung 3.646 bengkel
resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), 250 outlet layanan
sepeda motor Honda, 350 bengkel mitra binaan dan 7.652 toko suku cadang
yang siap melayani jutaan pengguna sepeda motor Honda diIndonesia
dengan baik. Ada lagi?
LED Headlight | welovehonda.com |
Hal
menarik selanjutnya yang menjadi andalan Vario 150 eSP adalah tampilan
emblem 3 dimensi yang semakin memperkuat karakter premium yang diusung,
apalagi bila dipadu dengan Dynamic Panel Meter yang menggabungkan sistem
analog dan digital sangat memudahkan pengendara untuk mengontrol panel
meter meskipun dalam keadaan berkendara plus 5 (lima) pilihan warna
eksklusif yang begitu menggoda. Exclusice Matte Black, Exclusive Pearl
White, Bionic Red, Titanium Black dan Sonic White Blue.
Selain itu
Desain lampu depan yang tergabung menjadi satu dengan lampu sein dan
lampu jenis LED yang tertanam pada lampu depan model dual keen eyes
headlight, selain memberi kesan ekslusif, premium dan modis juga
memberikan pola pencahayaan maksimal tapi tetap hemat energi listrik.
Begitu juga dengan tampilan desain lampu belakang, stop lamp dan sign
lamp yang menyatu dan tampak lebih besar semakin memperkuat kesan
eksklusif dan premium Vario 150 eSP.
Varian warna Vario 150 eSP | welovehonda.com-diolah |
Ride the perfect, the one and only, Salam Bahunda!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar