Lawang Sekepeng, Gapura Penyambut Kepulangan para Tamu Allah (@kaekaha) |
Islam dan Suku Banjar
Sudah menjadi rahasia umum, bila masyarakat suku Banjar penduduk mayoritas di kawasan bagian tenggara Pulau Kalimantan atau sekarang lebih dikenal sebagai wilayah Propinsi Kalimantan Selatan ini mempunyai kedekatan budaya yang begitu kuat dengan Islam.
Sejarah interaksi di antara masyarakat Banjar dengan Agama Islam sebagai tatanan kehidupan yang paripurna diyakini para sejarawan telah dimulai jauh sebelum berdirinya Kesultanan Banjar, kesultanan pertama di pulau Kalimantan yang menjadikan Islam sebagai agama resmi negara, sekitar 5 abad yang lalu.
Budaya lokal masyarakat suku Banjar yang berakar dari kebudayaan melayu, secara perlahan bisa berakulturasi dengan tradisi dan budaya Islam yang lebih dulu berkembang di jazirah Arab dengan baik, bahkan saking baiknya relatif susah untuk sekadar mendapatkan garis "pemisah" di antara keduanya.
Keadaan ini selaras dengan pernyataan antropolog Judith Nagata (dalam Hairus Salim HS), di mana Suku Banjar merupakan salah satu suku di Indonesia yang identitas kesukuannya bertumpang tindih dengan identitas keagamaan, "Agama ya suku, suku ya agama".
Keadaan ini selaras dengan pernyataan antropolog Judith Nagata (dalam Hairus Salim HS), di mana Suku Banjar merupakan salah satu suku di Indonesia yang identitas kesukuannya bertumpang tindih dengan identitas keagamaan, "Agama ya suku, suku ya agama".
Butiran Baras Kuning (@kaekaha) |
Ritual Tradisi Lawang Sekepeng
Salah satu contoh tradisi unik masyarakat Banjar yang tumbuh dari proses akulturasi budaya asli masyarakat Banjar dengan Islam yang sampai sekarang masih terpelihara kelestariannya walaupun dari waktu ke waktu pengamalnya terus mengalami penurunan yang sangat signifikan adalah tradisi Lawang Sekepeng.
Secara gramatikal, Lawang artinya Pintu, sedangkan Sekepeng berarti sekeping. Secara sederhana penamaan "Lawang Sekepeng" ini didasarkan pada fakta riil dari lawang alias pintu/gerbang yang dibangun atau dibuat dari Sekepeng alias selembar papan triplek yang dihias dengan berbagai ornamen dan hiasan islami yang dibagian tengahnya biasa ditempatkan pangkal dari kain putih panjang atap pelindung bagi pak haji untuk memasuki rumah yang ujungnya sampai menyentuh pintu rumah.Tradisi Lawang Sekepeng dalam tradisi adat masyarakat Banjar merupakan ritual tradisi turun temurun untuk menyambut kedatangan jamaah haji, setibanya dari tanah suci Makkah dan Madinah.
Ini jelas berbeda dengan tradisi Lawang Sekepeng, milik masyarakat suku Dayak di Bumi Isen Mulang, Kalimantan Tengah yang kebetulan juga mempunyai tradisi dengan nama persis, Lawang Sekepeng.
Air Kembang untuk Cuci kaki sebelum naik ke rumah (@kaekaha) |
Secara sederhana, berikut prosesi penyambutan kedatangan jamaah haji setibanya di rumah dalam ritual tradisi Lawang Sekepeng, khas Urang Banjar,
Pertama, ketika jamaah haji sampai di muhara Lawang atau di depan pintu gerbang dengan memakai bolang (sejenis bentuk ikat kepala khas ulama Banjar yang sekarang lebih banyak diganti dengan songkok putih), Surban putih dan juga pakaian yang serba putih juga.
Saat para jamaah haji datang, maka kedatangannya akan disambut dengan irama terbangan yang biasanya diisi dengan syair-syair shalawat dan tentu saja sambil dihamburi atau ditaburi baras kuning.
Atap kain putih dengan hiasan untaian bunga khas Banjarmasin (@kaekaha) |
Kedua, Setelah para "penerbang" menuntaskan tugasnya, maka dengan diiringi doa-doa, pak haji mulai melangkahkan kaki untuk masuk ke halaman rumah melalui jalur beratap kain putih yang membentang dari Lawang Sekepeng sampai muhara lawang.
Ketiga, di muhara lawang sebelum masuk kedalam rumah, pak haji yang baru saja datang dari berhaji di tanah suci wajib mencuci kedua kakinya dengan air bunga.
Keempat, setelah mencuci kaki dengan air yang berisi campuran beberapa macam bunga, barulah pak haji bisa masuk ke dalam rumah
Camilan khas tanah Arab yang unik (@kaekaha) |
Kelima, setelah pak haji dan semua tamu undangan menempati tempat duduknya masing-masing, tetua kampung atau imam masjid akan memimpin doa.
Setelah doa dipanjatkan, tuan rumah mengeluarkan aneka makanan kecil khas Arab Saudi, semacam berbagai jenis kurma, kacang Arab, manisan Arab/gulaan/permen sampai air zam-zam yang diminum menggunakan gelas kecil yang biasanya bergambar Kabah atau kubah hijau makam Nabi di Madinah.
Setelah itu, acara biasanya diakhiri dengan makan besar alias makan nasi dengan lauk pauknya sambil berbagi oleh-oleh dari tanah suci
Pembagian Soto Banjar (@kaekaha) |
Catatan :
Artikel ini juga bisa di akses di Kompasiana
UNIK SEPERTI DI KAMPUNG DAYAK YA.
BalasHapus